Tugas 6
Tugas 6.
1. a.
Waralaba : waralaba dalam bahasa Inggris (Franchising) dan dalam
bahasa Francis (Franchise) Merupakan hubungan bisnis atau usaha antara pemilik
merek, produk maupun sistem operasioal dengan pihak kedua yang berupa pemberian
izin dari pemakaian merek, produk dan sistem operasional dalam jangka waktu
yang telah di tentukan sebelumnya.
b.
Marketing
Mix : strategi pemasaran
yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang di lakukan
secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi
c. Harga : sejumlah uang yang dibebankan kepada konsumen untuk
mendapatkan manfaat dari suatu produk (barang/ jasa) yang dibeli dari penjual
atau produsen.
d.
Pasar : tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk
melakukan transaksi jual beli barang atau jasa.
2.
Contoh Franchising Lokal dan Asing.
Franchising Lokal:
·
Kebab Baba Rafi
·
Jco Donuts
·
Es Teller 77
·
Bumbu Desa
·
Pecel lele lela
Franchising
Asing
·
KFC
·
McDonald’s
·
Starbucks
·
Pizza Hut
·
Domino Pizza
3.
a. Pendapat saya , mengapa masalah harga dapat memberikan dorongan bagi
produsen untuk membuat barang, adalah dengan diketahuinya faktor harga
mempunyai pengaruh yang dominan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian
barang, maka hal ini mencerminkan bahwa faktor harga merupakan faktor yang
sangat menentukan dalam pembelian suatu barang. Bertitik tolak dari dari hasil
tersebut, pengusaha hendaknya dalam menaikkan harga, harus sangat
dipertimbangkan akibatnya, karena adanya persaingan ketat antara pengusaha- pengusaha
yang lain. masalah harga dapat memberikan dorongan bagi produsen karena
produsen memiliki prinsip ekonomi yaitu dengan cara menekan biaya produksi
untuk menghasilkan barang produksi sesuai yang diharapkan.
Contoh tindakan produsen yang
berdasarkan prinsip ekonomi, diantaranya ;
1. Menggunakan
bahan mentah berkualitas tinggi dengan harga murah
2. Menetukan
lokasi pabrik yang dekat dengan bahan baku
3. Memilih
dan menetapkan barang yang akan diproduksi
4. Menetapkan
jumlah tenaga kerja dan alat-alat produksi agar biaya produksi dapat ditekan
serendah-rendahnya
5. Membuat
analisis kebutuhan pasar agar barang yang diproduksi dapat laku terjual
6. Produsen
selalu mengusahakan agar hasil produksinya dibeli konsumen dengan harga
terjangkau dengan mutu yang baik dan mampu bersaing
7. Memperoleh
keuntungan sebesar-besarnya
b. Pendapat
saya, dalam
sudut pandang konsumen harga
sering kali digunakan sebagai indicator nilai bila mana harga tersebut
dihubungkan dengan manfaat yang dirasakan atas suatu produk atau dalam arti
kata harga merupakan pengorbanan bagi konsumen dalam mendapatkan suatu produk. Proses
pengambilan keputusan dalam pembelian produk barang dan jasa sangat dipengaruhi oleh perilaku
konsumen itu sendiri. Dalam keputusan
pembelian/membeli barang, konsumen ada lebih dari dua pihak yang terlibat dalam
proses pertukaran atau pembeliannya. Kegiatan keputusan pembelian meliputi:
pilihan akan produk, merek, pemasok, penentuan saat pembelian, jumlah
pembelian. Umumnya ada lima macam peranan yang dapat dilakukan seseorang. Ada
kalahnya kelima peran ini dipegan satu orang, namun sering kali pula peranan
tersebut dilakukan beberapa orang. Pemahaman mengenai masing-masing peranan ini
sangat berguna dalam rangka memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
Sumber :
Comments
Post a Comment